Kamis, 22 Desember 2011

Benda Budaya Garut

Siapa yang sangka ternyata di kota dodol ini terdapat sebuah candi? Candi Cangkuang namanya. Candi ini terletak di tengah-tengah Danau Cangkuang. Lokasinya sekitar 10 km di utara Garut, candi ini merupakan peninggalan agama Hindu pada abad ke-8. Komplek candi Cangkuang yang berada di tengah danau membuatnya sangat unik.
Di dalam areal candi ditumbuhi oleh pepohonan yang sangat rindang dan banyak, hal tersebut membuat suasanya candi sangat sejuk dan tidak panas. Tepat di samping Candi, terdapat sebuah makam dari Embah Dalem Arif Muhammad. 

Cara Mencapai daerah ini:

  • Untuk menuju objek Candi Cangkuang, lebih baik menggunakan mobil pribadi, karena cukup jauh dari jalan utama, dan bila menggunakan angkutan umum tentu akan sulit.
  • Untuk masuk ke komplek Candi, kita harus menyeberangi danau dengan menggunakan rakit yang telah disediakan oleh pihak pengelola, sekitar Rp.3.000,- per orang.
     
    Tempat Menginap:
    Di kota Garut, penginapan sangat banyak. Untuk lebih dekat dengan candi, anda dapat memilih penginapan yang berada di Cipanas, Garut. Disana terdapat berbagai macam hotel. Harga dari kisaran Rp.75.000,- s/d Rp.2.000.000,-.

    Tempat Bersantap:
    Anda tidak perlu bingung mencari tempat makan di Garut, karena terdapat beragam jenis restaurant dari mulai khas Sunda sampai dengan masakan Padang.

    Berkeliling:
    Berkeliling Candi cukup berjalan kaki saja, dan juga komplek candi itu berbentuk seperti pulau.
    Yang dapat Anda Lakukan:
    Anda dapat berjalan-jalan di sekitar komplek Candi, karena memang lumayan luas. Atau anda juga dapat masuk kedalam Museum sederhana yang menceritakan tentang awal penemuan Candi itu sampai akhirnya berdiri kokoh seperti sekarang.
    Buah Tangan:
    Sepanjang pintu masuk Candi, akan anda temukan kios-kios yang menjajakan cinderamata sampai makanan.
    Tips:
    Jalan masuk Candi ini agak berbatu. Jadi lebih baik anda menggunakan alas kaki yang nyaman bila tidak ingin kaki anda terasa sakit. Pakailah sepatu olah raga atau sendal dengan sol agak tebal. Dan jangan lupa membawa topi atau payung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar